Lapis Belacan

Orang melayu bilang terasi itu belacan. Trus jadi mikir ya, masa sih kue lapisnya dibuat pake terasi?

ya, tidak begitulah, he…he…

Maksudnya, kue ini sekilas bentuknya seperti terasi. Warnanya hitam dikarenakan menggunakan coklat bubuk.

Makanya kue ini disebut lapis belacan. Soal rasa, ya pastinya enak banget. Membuatnya juga jauh lebih praktis dari pada kue lapis lainnya. Boleh dicoba deh…

—— ooo000ooo ——

Bahan :

Telur : 15 butir

Mentega : 250 gram

Gula pasir : Setakaran telur (dikurangi 3 jari)

Susu kental manis : 1 kaleng

Coklat bubuk : 50 gram

Cara memmbuat :

  1. Gula + telur dikocok sampai  kembang, kemudian masukkan bubuk coklat
  2. Mentega dikocok sampai putih tambahkan susu lalu aduk sampai rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam adonan telur sambil diaduk terus sampai rata.
  4. Bakar selapis demi selapis sampai matang.
About these ads

  1. mbak kasih gambarnya donk . saya khan gak tau gimana bentuknya.cuma itu aja yang mau saya kasih tau
    trims resepnya lumayan keren ayo mbak buat lebih banyak lagi.

  2. Waduh… pada minta gambar, ya…
    Maaf. Gambarnya masih belum sempat diposting. Maklum, niat awalnya kan ingin share catatan resep yang ada di buku tua, he2.. jadi belum ada fotonya. Tapi pasti nanti diposting. Tinggal tunggu waktu aja… Trims banget ya atas sarannya…

  3. Di pontianak tmp tinggal sy lapis belacan sering disuguhkn pd saat lebaran. Rasanya enak shg sy ingin bs membuatnya. Versi resepny pun macam2 ada yg menteganya dicairkn ada jg yg coklat atau bumbu spekukny disangrai/ dioseng dulu.

  4. enak bgt kog lapis belacan,cuma sayang kurang tahan lama….kalo saya menteganya dicairkan….dan semua adonan dipisah, jadi tiap mau bakar ditakar dulu…emang rada ribet jadinya, tp skmnya lebih terasa…

  5. Maaf kalau cara nakarnya primitif banget nih, mba. Jadi, telur yang udah dipecahin ditaruh di mangkok kemudian di pindahin ke tempat lain. Di mangkok bekas telur itu, masukkan gulanya. Diukur sampai mencapai kurang lebih 3 – 4 jari tangan dari batas sisa telur yang kelihatan di pinggir mangkok. Mudah2an ga bingung, ya…. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s