Dapur Mungil

where everything started from my little kitchen

Lapis Belacan

17 Komentar

Orang melayu bilang terasi itu belacan. Trus jadi mikir ya, masa sih kue lapisnya dibuat pake terasi?

ya, tidak begitulah, he…he…

Maksudnya, kue ini sekilas bentuknya seperti terasi. Warnanya hitam dikarenakan menggunakan coklat bubuk.

Makanya kue ini disebut lapis belacan. Soal rasa, ya pastinya enak banget. Membuatnya juga jauh lebih praktis dari pada kue lapis lainnya. Boleh dicoba deh…

—— ooo000ooo ——

Bahan :

Telur : 15 butir

Mentega : 250 gram

Gula pasir : Setakaran telur (dikurangi 3 jari)

Susu kental manis : 1 kaleng

Coklat bubuk : 50 gram

Cara memmbuat :

  1. Gula + telur dikocok sampai  kembang, kemudian masukkan bubuk coklat
  2. Mentega dikocok sampai putih tambahkan susu lalu aduk sampai rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam adonan telur sambil diaduk terus sampai rata.
  4. Bakar selapis demi selapis sampai matang.
Iklan

Penulis: dapur mungil

Suka koleksi resep masakan dan kue

17 thoughts on “Lapis Belacan

  1. mbak kasih gambarnya donk . saya khan gak tau gimana bentuknya.cuma itu aja yang mau saya kasih tau
    trims resepnya lumayan keren ayo mbak buat lebih banyak lagi.

  2. Waduh… pada minta gambar, ya…
    Maaf. Gambarnya masih belum sempat diposting. Maklum, niat awalnya kan ingin share catatan resep yang ada di buku tua, he2.. jadi belum ada fotonya. Tapi pasti nanti diposting. Tinggal tunggu waktu aja… Trims banget ya atas sarannya…

  3. Di pontianak tmp tinggal sy lapis belacan sering disuguhkn pd saat lebaran. Rasanya enak shg sy ingin bs membuatnya. Versi resepny pun macam2 ada yg menteganya dicairkn ada jg yg coklat atau bumbu spekukny disangrai/ dioseng dulu.

  4. Yap. Betul sekali. Resepnya memang bermacam-macam versi. Tapi rasanya tetap enak, kan?

  5. telurnya kuning telur aja atau uth mbak..trus saya dgr waktu panggangnya dia akan mengembang bgt yah…tq

  6. Mba Chandrawaty, telur nya utuh dan waktu panggang memang mengembang tapi ga ngembang banget kok

  7. enak bgt kog lapis belacan,cuma sayang kurang tahan lama….kalo saya menteganya dicairkan….dan semua adonan dipisah, jadi tiap mau bakar ditakar dulu…emang rada ribet jadinya, tp skmnya lebih terasa…

  8. lupa satu lg..coklatnya dioseng dulu, rasanya lebih nendang….ati2 jgn jd arang….

  9. waduh mbak… trimakasih ya atas tips n trick nya…
    smoga bermanfaat buat semua

  10. thanks ya resepnya…..lebaran ndak usah beli lagi dech……saya coba praktekkan ya…………

  11. Silakan dicoba mba nur aziza… mudah2an sukses ya. Ditunggu testinya… ^_^

  12. maaf mbak susunya yg coklat atw yg putih thanks

    Dapurmungil : “Susunya yang putih aja, mba…”

  13. mbak, pake tepung gak , buat nya
    🙂

  14. engga, mba… kan itu udah ada bubuk coklatnya. Bisa jg diganti dengan milo. thx

  15. Mba Saya gak ngerti takaran gulanya maksudnya berapa gr ya mb????

  16. Maaf kalau cara nakarnya primitif banget nih, mba. Jadi, telur yang udah dipecahin ditaruh di mangkok kemudian di pindahin ke tempat lain. Di mangkok bekas telur itu, masukkan gulanya. Diukur sampai mencapai kurang lebih 3 – 4 jari tangan dari batas sisa telur yang kelihatan di pinggir mangkok. Mudah2an ga bingung, ya…. 🙂

  17. Mbak sy mw tany ni, klw putih tlurny gak dpakai bs gak. Kmarn sy coba bikin pakai tlur utuh adonanny gak nyatu &rsny agak kenyal. Apa rsny memang spt itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s