Dapur Mungil

where everything started from my little kitchen

Taiwanese Bread

Tinggalkan komentar

Hari ini aku buat roti taiwan yang lembuuut kayak yang di mall-mall. Penasaran belajar roti pertama kali bukannya nyoba yang katanya bisa langsung dicampur-campur gitu… tapi malah langsung bikin yang beginian. Yaahh beginilah kalau sudah kepingin jadinya nekaadd tingkat tinggi, hehe…
Browsing sana browsing sini… nyari resep, ketemu di blognya mba Meniq yang klapertart n pie buahnya enak banget. Stepsnya jelas, jadi ga ragu buat nyoba.
Alhamdulillah… setelah dicoba, rotinya jadi bu ibuu. Terharu banget… baru kali ini bikin roti langsung jadi n enak banget. Para jamaah di rumah pada suka n cepet habis deh, hehe…
Mungkin karena bikinnya dengan berbagai aneka rasa, jadi satu orang nyobain semua dengan rasa-rasa yang beda, hehe… padahal roti dasarnya kan sama, hadeeuhh…
Tapi beneran… aku puas n recomanded banget sama resep ini.
Mba Meniq, terimakasih yaa n permisi, aku copy ke sini ya resepnya, biar ga lupa kalau mau bikin lagi…
Buat yang mau lihat resep lengkapnya, kunjungi blognya mba Meniq di http://dapurmairaqi.blogspot.co.id/2012/02/taiwanese-bread.html

 roti-taiwan

Taiwanese Bread

BAHAN

1. Pre-Dough:
100 grm air panas
50 grm Terigu Protein Tinggi

 

Jangan sampai keabuan warnanya karna nanti sudah tidak bisa dipakai

2. Biang (Sponge):

300 grm Terigu Protein Tinggi
5 grm Ragi instan
10 grm Gula pasir halus
180 grm air

3. Adonan Utama:

100 grm Gula pasir halus (aku gula pasir di blender)
6 grm garam
60 grm mentega
1 resep pre-dough
2 grm bread improver
40 grm telur utuh (kurang lebih 1 butir) (aku pakai 1 butir)
28 grm serpihan es
200 grm Terigu Protein Tinggi
20 grm susu bubuk fullcream
15 grm madu

25 grm air es

Cara Membuat:

1. Pre Dough
a. Aduk semua bahan hingga rata, di atas api kecil.
b. Istirahatkan sekitar 2 jam (dalam chiller).
Adonan pre-dough ini tahan di dalam kulkas hingga 1 bulan, di dalam freezer hingga 3 bulan.

2. Biang /Sponge:
a. Uleni semua bahan hingga rata sekitar 6 menit.
b. Istirahatkan sekitar 90 menit di suhu ruang.

3. Adonan utama:

  • Masukkan pre-dough ke dalam sponge.
  • Tambahkan gula pasir halus, garam, susu bubuk, bread improver. Uleni rata.
  • Masukkan telur, madu, serpihan es. Uleni rata.
  • Masukkan terigu protein tinggi, uleni rata.
  • Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
  • Terakhir, tambahkan mentega, uleni hingga kalis. (setelah di tambahkan mentega, bisa pake mikser yang spiral sebentar, setelah itu aku bagi 2 pakai pisau, trus dimikser lagi sampai elastis. maksudnya biar nggak berat, dimiksernya kurleb 5 menitan, setelah elastis gantian dengan adonan yang satunya, kemudian satukan lagi. Bisa juga setelah dikalisin pakai mikser diulenin sebentar pakai tangan, biar sreg)
  • Istirahatkan selama 5 menit sebelum dibentuk (selama istirahat, adonan ditutup plastik agar tidak kering).
  • Olesi tangan dengan sedikit minyak salad, kemudian mulai membagi adonan roti masing-masing 50 – 60 gram, bulatkan, susun di atas meja sesuai urutan.
  • Ambil tiap bulatan sesuai urutannya, gilas, beri filling dan bentuk sesuai keinginan, letakkan diloyang yang sudah dioles mentega, beri jarak satu dengan yang lain.
  • Biarkan mengembangkan lagi selama 30-45 menit. Beri topping diatasnya
  • Oven kurleb 20 menit dalam suhu 180-200 “C atau hingga roti matang (Kecoklatan).
Adonan memang agak lembek makanya  tangan diolesi degan minyak supaya nggak lengket.

Membuatnya memang membutuhkan waktu yang lebih banyak dibanding bikin roti biasa yang tinggal cemplang cemplung uleni, tapi percaya deh hasilnya benar2 memuaskan empuuukkk banget lembuuutttt banget percisss kayak rotinya B***d T**k..

Penulis: dapur mungil

*Mom of 2 ; *Suka koleksi resep masakan dan kue ; *Trial n Error ; *Bukan siapa2 ;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s