Dapur Mungil

where everything started from my little kitchen

Klapertart

Tinggalkan komentar

Klapertart ini pertama kali makannya pas dibawain sama temen. Endesnya bikin ketagihan, hoho…

Makanan khas manado ini kalau dibelipun, mesti pesen dulu. Di Jakarta, sulit juga nyarinya yang ready to eat. Mungkin karena akunya juga kurang gaul jadi ga tau mesti nyari ke mana, hehe..

Akhirnya nekat lagilah mau nyoba buat sendiri. Cari-cari resep di internet, ketemu di blognya merryangkycelo komplit sama langkah-langkahnya yang bergambar. Asyiik… langsung ga sabar buat dieksekusi.

Selanjutnya ngerayu pak suami buat beli kelapa muda, mampir ke toko bahan-bahan kue, cari ini itu, dan begini dan begituu… taraaa.. jadilah lagi hasil kenekatan selanjutnya, hehe…

Tapi bu ibuu,  klapertart yang aku buat ini ga pake toping putih telurnya, ya…

Soalnya, ya begitu deh.. kalau dari awal udah ga pake mixer, rasanya rada gimanaa gitu kalau cuma buat ngocok toping doang.  (nekatnya nanggung yaa, hehe…)

Sebenarnya.. udah ga sabar buat dimakan juga, sih.. hihi… maaf.. peace!!!

OK… Beginilah tampilan klapertart pertamaku

klapertartwp

 

lumayankan buat newbie? hehe…

Alhamdulillah.. ketemu resep yang cocok n rasanya pun pas.

Yang mau lihat resep lengkapnya, mampir aja ke blognya merryangkycelo. Lebih jelas ada langkah-langkahnya, lengkap dengan gambarnya. Insyaallah lebih memudahkan untuk dipelajari.

Terimakasih ya mba resepnya. Aku izin copas di sini.

KLAPERTART

Bahan :
1000 cc susu (merk terserah Anda)
250 gram gula pasir
50 gram tepung terigu
50 gram tepung custard
50 gram maizena
150 gram mentega atau margarin
6 butir kuning telur
2 buah kelapa muda, kerok isinya saja
100 gram kenari panggang cincang (saya pake cuma 50gr dicincang trus di sangrai pake wajan teplon sebentar saja)
Kayu manis bubuk (secukupnya… karna saya tidak begitu suka yang terlalu tajam baunya)

Topping :
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum & kayu manis bubuk (saya pakai kismis yg masih mengkeret, tidak direndam, tidak pake rhum, tidak pake kayu manis pula). –> aku juga

Cara bikinnya:

  1. Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir (saya pakai 700 ml susu)
  2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk (saya larutkan dgn 300 cc susu)
  3. Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
  4. Angkat dari api, masukkan mentega/margarin, aduk rata
  5. Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
  6. Masukkan kuning telur satu persatu
  7. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
  8. Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
  9. Panggang selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang

Sambil menunggu adonan dipanggang siapkan adonan topping…

  1. kocok putih telur dengan mixer
  2. Masukkan gula sedikit sedikit sambil tetap mengocok sampai kaku
  3. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula (aku pakai mixer kecepatan rendah)
  4. Masukkan dalam plastik segitiga dan gunting ujung plastiknya.

Setelah adonan setengah matang…

  1. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
  2. Panggang lagi sampai toping berwarna kekuningan.

Penulis: dapur mungil

*Mom of 2 ; *Suka koleksi resep masakan dan kue ; *Trial n Error ; *Bukan siapa2 ;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s