Marmer Cake

Baru inget punya blog yang jaraaang banget diurus… jaraang banget diupdate. Pas buka lagi… rasanya ngerenes juga. Padahal dulu waktu buat blog ini semangatnya luar biasa. Ga tau kenapa kesininya malah jadi melempem. Ada banyak pertanyaan di kolom komentar yang ga dijawab… mohon maaf banget ya.. Maaaf banget. Saya mungkin termasuk orang yang ga begitu rajin ngurusin blog. Sering banyak blue nya…. mungkin juga karena kegiatan saya yang padat sehingga sampai di rumah udah enggan buat buka komputer. Mudah-mudahan setelah ini bisa mulai aktif lagi berbagi pengalaman trial dan error dalam perbakingan di dapur saya yang mungil atau cerita apa saja deh yang bisa ditulis… Seperti lagi bener aja ya, hehe…  

Ceritanya dari kemarin-kemarin saya teringat-ingat zaman masih kecil dulu. Keingetan makanannya n inget sama cake yang suka dibuat di rumah. Apalagi inget bikinnya yang takarannya pake gelas belimbing sama semua…. Hehe… Ke sininya baru saya tahu kalau kue yang takarannya sama itu bisa disebut pound cake.   Kali ini yang pingin saya bikin tuh namanya cake marmer. Terakhir bikin cake ini, sukses ga keliatan motif marmernya. Sepertinya karena adonan coklatnya lebih berat sehingga si motif turun dengan sukses ke dasar cake n meninggalkan jejak garis tipis di tengah-tengah. Bener-bener motif yang ga recomended banget, hehe.. Motif cake yang kali ini saya buat sebenarnya masih belum memuaskan. Tapi setidaknya masih ada motif coklatlah di atasnya, hehe… Dan rasanya yang ngangenin itu bener-bener jadi obat kangen. Duh lebay bener ya yang nulis ini…

image

Jadi untuk resep cake marmer yang ini saya intip dari bukunya bunda Fatmah Bahalwan. Beruntung sekali saya punya bukunya. Sesuai judulnya yang anti gagal, alhamdulillah bener-bener ga ada gagal-gagalnya nyobain resep-resep di dalamnya dan rasanya itu bener-bener maknyus… Cocok di lidah saya dan keluarga. Izin share resepnya ya, bu…  

MARMER CAKE

image

Bahan :  

150 gr Margarine
100 gr Gula Pasir
3 bt telur
1 bt Kuning telur
150 gr Terigu
1 sdt Baking Powder
1 sdt Coklat Bubuk  

Cara membuat :  

1. Campur dan ayak terigu dan baking powder, sisihkan.
2. Kocok margarine dan gula,  sampai lembut dan berwarna pucat (creamy)
3. Masukkan telur satu persatu, sambil terus dikocok, terakhir masukkan tepung, kocok rata.
4. Ambil sedikit adonan, lalu beri coklat bubuk, aduk rata.
5. Tuang adonan putih, ke loyang yang sudah dioles margarine dan ditaburi tepung.
6. Tuang adonan coklat di atasnya, bentuk marmer, dengan memakai garpu atau lidi
7. Panggang selama 30-35 menit dengan suhu 170-180 derajat, sampai matang, dan bagian atasnya berwarna kecoklatan.
8. Lakukan test tusuk.Jika lidi keluar dalam keadaan kering, tidak ada adonan basah yang menempel, berarti cake sudah matang.
9. Angkat, keluarkan dari loyang, sajikan hangat-hangat.

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s