Dapur Mungil

where everything started from my little kitchen

Senam Tai Chi

Tinggalkan komentar

Kali ini bukan makanan yang dibahas. Tapi sedikit tentang olah raga.

Buat yang kerjanya makan melulu (masaknya jarang, yaa…), yang kalau dah naik tangga ga turun-turun, yang mikirin kerjaan ga ada habis habisnya (bukannya dikerjain, tapi dipikirin doang, hehe…), terpapar ac non stop, kadang bandelnya kumat–> makan makanan yang kurang bergizi malah asli junk food…. bener-bener pola hidup ga jelas. Yaa.. itu akunya yang ga jelas.

Kalau dah pusing baru deh tepar. Inget umur udah kepala empat. Ngakunya masih 17, yaaaa.. 17 abad, hehe…

Kurang olah raga pula… soo waktunya mesti gerak-gerak badan. Mager malah bikin sakit,  ga sehat sama sekali. Jadii yang seneng mager mending move on dari magernya biar badannya jadi sehat.

Untuk umur se-aku ini sepertinya senam yang cocok tuh yaa seperti yoga atau tai chi. Ga sreg juga kalau masih olah raga yang jingkrak-jingkrak gitu.  Walaupun di tempat kerjaan diadain senam aerobic seminggu sekali. Ikutan juga, sih…

Nah, aku juga dah pernah coba Yoga, walaupun cuma ikut yang basic. Aku suka.

Sekarang ingin juga ngerasain senam tai chi. Dapat masukan katanya Tai Chi ini merupakan latihan atau gerakan olahraga penggabungan antara gerakan tubuh, olah pernafasan dan juga meditasi. Jadi Tai Chi berbeda dengan senam lainnya, karena gerakannya lebih lambat. Senam Tai Chi memfokuskan pada keselarasan gerakan dan pernafasan.

Berbagai literatur menyebutkan bahwa senam tai chi juga memiliki pengaruh pada kesehatan jantung dan otak. Latihan pernafasan dalam senam tai chi diindikasi memiliki manfaat dalam mengalirkan oksigen yang membantu kelancaran peredaran  darah di dalam tubuh. Sehingga aktivitas jantung dan otak terjaga.

Setelah mengikuti senam ini, ternyata asyik… walaupun gerakannya lemes, ternyata bisa bikin keringetan  dan jika menghayati serta gerakannya sudah benar maka kita bisa merasakan adanya semriwing2, rasa dimana aliran darah mengalir di dalam tubuh kita. Jadi memang membuat peredaran darah menjadi lancar. Lakukan senam ini 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

yang mau coba, yuk belajar gerakannya dari gambar ini

senam-tai-chi

atau ikuti gerakannya dari video tutorial berikut:

Video tutorialnya ini khusus yang masih basic, gerakan 8 form.

Penulis: dapur mungil

*Mom of 2 ; *Suka koleksi resep masakan dan kue ; *Trial n Error ; *Bukan siapa2 ;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s