Dapur Mungil

where everything started from my little kitchen


Tinggalkan komentar

Kwetiau Sapi Goreng

Lagi kangen mi tiaw alias kwetiau.

Di Jakarta agak sulit cari kwetiaw yang rasanya sama seperti di Pontianak. Apalagi yang di tukang nasi goreng…. beda bangeet. Jadi homesick, deh… apalagi sama kulinernya Pontianak.

Yah sudahlah… di sini terpaksa harus bisa bikin sendiri. Soalnya kalau sudah kepingin, rasanya seperti udah gimanaa… kebayang-bayang terus.

Akhirnya masak juga, deh. Untuk rasanya, ya diusahakan biar bisa sama, mirip-mirip dikitlah yang penting biar kangennya ilang.

Prepare bahan2nya n langsung diolah…

kwetiaw goreng Baca lebih lanjut


Tinggalkan komentar

Tahu Goreng Isi Sayur

Seneng banget kalau lagi santai, iseng apalagi kalau bulan puasa bikin cemilan tahu isi.
Memang lebih enaknya sih kalau bikin sendiri. Biar lebih puas makannya, lebih aman, ga was2 sama bahan2 n minyaknya juga tentunyaa, hehe…

Biasanya sih kalau bikin udah yang gaya bebas gitu alias ga pake nakar2 resep. Pake feeling aja.

Yah kurang lebih feelingnya di resep ini. Selamat mencoba, ya… ^^

tahu isi

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

10 buah tahu kulit segitiga (direbus dulu untuk menghilangkan bau2 nya)
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:

2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
100 gram wortel, diirisi korek api
50 gram kol, diiris halus
100 gram taoge
1 batang daun bawang, diiris halus
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
50 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Pencelup (aduk Rata):

150 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur
150 ml air
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat  :

  1. Bumbu : Bawang putih, merica, bawang merah dan garam diulek halus.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu sampai harum.
  3. Masukkan wortel, kol, taoge, dan daun bawang. Tumis sampai layu.
  4. Masukkan gula pasir. Aduk rata. Tuangkan air. Masak sampai matang dan meresap.
  5. Tahu : Keruk bagian tengah tahu. Beri tumisan isi.
  6. Celupkan tahu isi ke dalam bahan pencelup hingga terbungkus rata.
  7. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.